INFORMASI AKADEMIK


SILABUS

Silabus ma’had disusun berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah sebagaimana diterapkan di Universitas Islam Madinah dan Universitas Imam Muhammad bin Saud Riyadh yang berorientasi pada 4 keterampilan dasar berbahasa Arab yaitu maharatul istima’ (kemampuan menyimak), maharatul kalam (kemampuan berbicara), maharatul qiraah (kemampuan membaca) dan maharatul kitabah (kemampuan menulis).



KURIKULUM DAN MUQORROR

Kurikulum dan buku-buku yang digunakan mengacu pada Lembaga Ilmu pengetahuan Islam dan Arab Jakarta yang merupakan Lembaga pendidikan resmi filial dari Universitas Imam Muhammad bin Saud Riyadh Arab Saudi.

PROGRAM

Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam diselenggarakan dalam Program Persiapan Bahasa (I’dad Lughowiy) 2 tahun terdiri atas 4 semester.


JADWAL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Perkuliahan dilaksanakan secara intensif 5 jam per hari mulai hari Senin hingga Jumat yang dibagi menjadi dua sesi perkuliahan yaitu sesi pagi dan sesi sore.


PLACEMENT TEST

Placement test (tahdidul mustawa) diselenggarakan bagi mahasiswa baru untuk mengukur level kemampuan bahasa Arab dan pengetahuan dasar keislaman. Hasilnya akan menjadi dasar penentuan level/semester mahasiswa baru.

1 komentar: